Berikut ini adalah istolah istilah disain grafis yang petlu diketahui
1. Golden Ratio
Rasio emas terjadi dengan dua objek yang, setelah Anda membagi yang lebih besar dengan yang lebih kecil, menghasilkan angka 1.6180 (atau sekitar itu). Rasio emas yang paling terkenal adalah persegi panjang emas, yang dapat dibagi menjadi persegi sempurna dan persegi panjang dengan rasio aspek yang sama dengan persegi panjang aslinya. Anda mungkin melihat ini dalam komposisi gambar atau desain situs web dan tata letak kotak.
Golden Ratio
( melalui )
Dengan menggunakan rasio emas, Anda dapat memastikan gambar Anda menarik dan diformat dengan indah. Berikut adalah contoh rasio emas yang digunakan untuk membagi ruang antara badan situs web dan bilah sisi:
rasio-emas-desain web
Di bawah ini adalah contoh lain di mana elemen-elemen kunci dari desain semuanya masuk ke dalam bagian yang berbeda dari Rasio Emas:
132-1324x1649
2. Aturan sepertiga
Anda dapat menerapkan aturan pertiga dengan membayangkan kotak 3×3 terletak di atas gambar Anda dan kemudian menyelaraskan subjek gambar dengan garis panduan dan titik persimpangannya (misalnya menempatkan cakrawala di garis atas atau bawah) atau membiarkan elemen gambar dengan mudah mengalir dari bagian ke bagian.
aturan ketiga
( melalui )
Setelah kisi-kisi Anda terpasang, titik-titik di mana garis saling berpotongan menunjukkan area fokus utama dalam desain Anda:
titik fokus
bagian garis
Tipografi, teks, dan istilah font
3. Tipografi
“Tipografi adalah komponen visual dari kata-kata tertulis,” Tipografi Praktis menjelaskan dengan indah . Semua teks yang ditampilkan secara visual, baik di atas kertas, layar atau papan reklame, melibatkan tipografi.
4. Serif
Serif adalah goresan atau kurva ekstra kecil, di ujung huruf.
5. Sans-serif
"Sans" secara harfiah berarti "tanpa", dan font sans serif tidak menyertakan goresan tambahan di akhir huruf.
serif
Meskipun tidak ada aturan yang ditetapkan kapan harus menggunakan font serif atau sans serif, disarankan agar font sans serif digunakan untuk teks isi online dan font serif untuk headline dan cetakan.
6. Skrip
Tipografi skrip adalah font atau tipe berdasarkan gaya tulisan tangan historis atau modern dan lebih cair daripada tipografi tradisional.
Beberapa contoh font skrip meliputi:
Alex Kuas ;
alex-brush-font
Dan, Grand Hotel :
grand-hotel-font
7. Serif lempengan
Font serif slab menampilkan nuansa geometris daripada font serif tradisional dan menampilkan serif yang persegi dan lebih besar, lebih berani.
Contoh yang sangat baik dari font slab serif adalah Museo Slab :
lempengan-museo
8. Monospace
Font monospace, (juga dikenal sebagai fixed-pitch, fixed-width, atau font non-proporsional) adalah font yang huruf dan karakternya masing-masing menempati jumlah ruang horizontal yang sama.
9. Hirarki
Hirarki tipografi adalah bagian penting dari setiap desain atau tata letak dan bahkan jika Anda tidak terbiasa dengan istilah tersebut, Anda pasti telah melihat hierarki beraksi di situs web, surat kabar, atau majalah mana pun.
tuts+ jelaskan :
Hirarki tipografi adalah sistem untuk mengatur jenis yang menetapkan urutan kepentingan dalam data, memungkinkan pembaca untuk dengan mudah menemukan apa yang mereka cari dan menavigasi konten. Ini membantu mengarahkan mata pembaca ke tempat awal dan akhir bagian, sementara memungkinkan pengguna untuk mengisolasi informasi tertentu berdasarkan penggunaan gaya yang konsisten di seluruh isi teks.
klik untuk berbagi
Berikut adalah contoh untuk menggambarkan pentingnya hierarki:
hierarki 2
10. Kerning
Kerning mengacu pada spasi di antara dua huruf tertentu (atau karakter lain: angka, tanda baca, dll.) dan proses penyesuaian ruang tersebut meningkatkan keterbacaan.
kerning-gif
11. Terkemuka
Leading menentukan bagaimana teks ditempatkan secara vertikal dalam garis. Leading digunakan ketika konten yang memiliki beberapa baris teks yang dapat dibaca dan memastikan jarak dari bagian bawah kata-kata di atas ke bagian atas kata-kata di bawah memiliki spasi yang sesuai untuk membuatnya terbaca.
terkemuka
12. Pelacakan
Pelacakan mirip dengan kerning karena mengacu pada jarak antara huruf atau karakter. Namun, alih-alih berfokus pada jarak antar huruf (kerning), pelacakan mengukur jarak antar kelompok huruf.
13. Tinggi X
Tinggi x mengacu pada jarak antara garis dasar dan garis rata-rata huruf kecil dalam jenis huruf.
tinggi x
14. Ascender / Descender
Ascender adalah bagian dari huruf kecil yang memanjang di atas garis rata-rata font (tinggi x) . Di sisi lain, descender adalah bagian dari huruf yang memanjang di bawah garis dasar font.
Pendaki
15. Prphan / Widow
Widow dan Orphan adalah baris teks yang muncul di awal atau akhir paragraf, yang dibiarkan sendiri di bagian atas atau bawah baris. Ada beberapa perdebatan tentang definisi yang tepat dari istilah-istilah ini tetapi sebagai aturan praktis:
Orphan: A adalah satu kata atau baris yang sangat pendek, yang muncul di akhir paragraf atau awal kolom atau halaman, terpisah dari teks lainnya.
Widow: Garis akhir paragraf yang berada di awal halaman atau kolom berikutnya, sehingga terpisah dari teks lainnya. Atau awal paragraf baru yang dimulai di bagian bawah kolom atau halaman.
janda
16. Lorum Ipsum
Lorem Ipsum hanyalah teks tiruan yang digunakan oleh industri desain. Ini digunakan sebagai teks placeholder dan memiliki distribusi huruf yang kurang lebih rata-rata, membuatnya terlihat seperti bahasa Inggris yang dapat dibaca, dibandingkan dengan menggunakan 'Tambahkan konten di sini, tambahkan konten di sini' dalam desain saat salinannya belum cukup siap.
bagian garis
warna
17. RGB
Warna RGB adalah model di mana cahaya merah, hijau, dan biru ditambahkan bersama dalam berbagai cara untuk mereproduksi susunan warna yang luas. RGB cenderung digunakan untuk tujuan di layar.
rgb-warna
18. Heksa
Hex adalah angka enam digit yang digunakan dalam HTML, CSS, dan aplikasi perangkat lunak desain untuk mewakili warna.
hex
19. Palet
Palet warna terdiri dari warna yang dapat digunakan untuk ilustrasi atau karya desain apa pun yang mewakili merek Anda. Warna yang dipilih harus dirancang untuk bekerja secara harmonis satu sama lain.
palet
20. Monokrom
Monokrom digunakan untuk menggambarkan desain atau foto dalam satu warna atau nuansa berbeda dari satu warna.
satu warna
21. Analogi
Skema warna analog menggunakan warna yang bersebelahan pada roda warna. Mereka biasanya cocok dan menciptakan desain yang tenang dan nyaman.
Sejalan
22. Pelengkap
Warna yang saling berseberangan pada roda warna dianggap sebagai warna komplementer (contoh: merah dan hijau).
Gratis
23. Triadik
Skema warna triadik menggunakan warna yang ditempatkan secara merata di sekitar roda warna.
Triadik
24. CMYK
CMYK adalah model warna yang digunakan untuk keperluan cetak. Warna CMYK dimulai dengan warna putih dan kemudian menjadi lebih gelap karena lebih banyak warna digabungkan.
( melalui )
25. Pantone
Sistem Pencocokan Pantone (PMS) adalah sistem reproduksi warna standar. Setiap rona diberi nomor, sehingga memudahkan orang untuk mereferensikan dan mereproduksi warna yang sama.
pantone
26. Warna-warna hangat
Warna-warna hangat dibuat dengan warna merah, kuning jingga dan berbagai kombinasi warna-warna tersebut. Mereka memberikan getaran yang ramah, bahagia, dan nyaman.
27. Warna keren
Warna-warna sejuk seperti biru, hijau dan ungu muda memiliki kemampuan untuk menenangkan dan menyejukkan.
hangat-dingin
28. Teori warna
Teori warna menciptakan struktur logis untuk warna. Ada tiga kategori dasar teori warna : Roda warna, harmoni warna, dan konteks bagaimana warna digunakan. Memahami bagaimana menggunakan warna yang berbeda untuk menyampaikan makna adalah bagian penting dari desain dan pemasaran. Berikut panduan singkat tentang bagaimana warna memengaruhi otak kita:
Apakah Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang teori warna? Lihat: Mengapa Facebook Berwarna Biru? Ilmu Warna dalam Pemasaran .
29. Gradien
Gradien adalah perubahan warna secara bertahap (seperti hijau berubah secara bertahap menjadi biru) atau warna memudar menjadi transparansi. Ada dua jenis gradien yang umum: radial dan linier.
30. Opasitas
Opacity memungkinkan kita untuk membuat elemen desain menjadi transparan. Semakin rendah opacity, semakin transparan suatu elemen. Misalnya, opacity 100% berarti suatu objek padat.
kegelapan
31. Warna
Pada dasarnya, rona adalah cara untuk menggambarkan warna. Dan rona dapat berupa warna apa saja pada roda warna. Misalnya, merah, biru dan kuning semuanya hue.
32. Warna
Tint adalah variasi warna. Craftsy menjelaskan bahwa Tint dibuat saat Anda menambahkan warna putih ke rona warna apa pun pada roda warna. Ini mencerahkan dan menghilangkan saturasi rona, membuatnya kurang intens.
rona warna
Merek dan logo
33. Jenis logo
Logotype adalah nama perusahaan yang dirancang dengan cara yang unik secara visual untuk digunakan oleh perusahaan tersebut. Sebagian besar waktu ketika orang merujuk ke logo, mereka mengacu pada jenis logo merek.
34. Logomark / Merek Merek
Tanda logo umumnya tidak mengandung nama perusahaan dan sebaliknya lebih abstrak mewakili perusahaan itu menggunakan simbol atau tanda.
logo
35. Ikon
Ikon adalah gambar yang digunakan untuk mewakili suatu tindakan atau objek. Misalnya, ikon pena dapat mewakili tulisan seseorang (tindakan) atau hanya pena (objek). Saat menggunakan, ikon pikirkan baik-baik tentang apa yang ingin Anda tandai dan seberapa jelas itu bagi audiens Anda.
36. Panduan gaya / Style Guide
Panduan gaya adalah seperangkat standar untuk desain apa pun yang terkait dengan merek Anda, baik itu halaman arahan situs web, kartu nama, atau dokumen cetak. Alasan memiliki panduan gaya adalah untuk memastikan keseragaman lengkap dalam gaya dan format di mana pun merek digunakan untuk memastikan tidak ada pengenceran merek tersebut.
Sebagai contoh, Anda dapat melihat panduan gaya Buffer kami di sini .
37. Kotak / Box
Sebuah grid dibangun dari kolom dan baris yang terbagi rata. Inti dari grid adalah untuk membantu desainer mengatur elemen dengan cara yang konsisten. Berikut adalah contoh grid yang kami gunakan di Buffer:
kisi-kisi
Menggunakan kisi desain Buffer, halaman dapat dibagi menjadi lima, empat, sepertiga, dan setengah – dan kombinasi dari semuanya. Setiap baris kisi harus berisi bagian-bagian yang dijumlahkan menjadi satu kesatuan. Misalnya, seperempat + setengah + seperempat.
bagian garis
Persyaratan dan Teknik Desain
38. Skala
Dalam desain, skala mengacu pada ukuran suatu objek dalam hubungannya dengan objek lain. Dua elemen dengan ukuran yang sama dapat dianggap sama. Sedangkan unsur-unsur dengan variasi ukuran yang jelas cenderung terlihat berbeda.
Saat menyusun desain, pikirkan tentang bagaimana Anda dapat menggunakan skala untuk membantu Anda mengilustrasikan makna di balik gambar Anda. Ambil contoh di bawah ini; lingkaran yang lebih besar tampaknya lebih berpengaruh dan penting daripada yang lebih kecil. Anda bahkan bisa mengatakan lingkaran yang lebih kecil mungkin sedikit pemalu atau pemalu.
skala
39. Aspect Ratio
Aspect Ratio adalah hubungan proporsional antara lebar dan tinggi persegi panjang (persegi panjang digunakan karena sebagian besar layar lebih lebar daripada tingginya). Rasio aspek ditentukan melalui rasio matematika, dengan dua angka yang dipisahkan oleh titik dua.
lebar tinggi
Ini berarti lebar 4 inci dengan tinggi 3 inci akan menjadi rasio 4:3
40. Tekstur
Tekstur didefinisikan sebagai karakteristik permukaan gambar Anda. Dalam desain, Anda dapat memanfaatkan tekstur seperti kain dan batu bata untuk mencerminkan tampilan visual dari tekstur yang sebenarnya.
41. Knolling
Knolling adalah tindakan mengatur objek yang berbeda sehingga berada pada sudut 90 derajat satu sama lain, kemudian memotretnya dari atas. Teknik ini menciptakan tampilan yang sangat simetris yang terasa enak dipandang. Gambar yang menampilkan knolling cenderung diatur dengan latar belakang solid yang kontras.
berlutut
( melalui )
42. Ruang putih
Ruang putih, sering dikenal sebagai ruang negatif, mengacu pada area desain yang dibiarkan kosong. Ini adalah ruang antara elemen grafis, gambar, salinan, dan apa pun di halaman. Meskipun dikenal sebagai ruang putih, itu bisa berwarna apa saja.
Contoh ruang putih yang sangat baik adalah beranda Google. Itu hampir diisi dengan spasi untuk mendorong pengguna untuk fokus pada bilah pencarian:
43. Resolusi
Resolusi gambar menentukan kualitas. Sebagai aturan praktis, semakin tinggi resolusinya, semakin tinggi kualitasnya. Gambar beresolusi tinggi akan jernih dan tajam sedangkan gambar beresolusi rendah akan terasa sedikit piksel dan buram.
resolusi tinggi
44. Kontras
Kontras terjadi ketika dua elemen pada halaman berbeda. Misalnya, bisa jadi warna yang berbeda antara teks dan warna latar belakang atau warna gelap vs. terang.
kontras
Salah satu alasan utama untuk menggunakan kontras dalam desain Anda adalah untuk menarik perhatian. Misalnya, iklan siluet iPod yang terkenal sangat berkesan karena ada kontras yang sangat besar antara iPod putih dan earphone serta latar belakang dan siluet yang cerah.
ipod2
45. Saturasi
Saturasi mengacu pada intensitas atau kemurnian warna. Semakin jenuh warna, semakin jelas atau cerah tampilannya. Sedangkan warna desaturasi, tampak sedikit lebih kusam.
Saturation
Gambar yang sangat saturated cenderung menonjol dan menarik perhatian, sehingga memberikan tampilan yang lebih berbobot daripada gambar yang kurang jenuh. Jika Anda menambahkan lapisan teks di atas gambar dan ingin itu menonjol, menggunakan latar belakang yang tidak terlalu saturated bisa menjadi cara yang bagus untuk melakukannya.
46. Blur
Blur membuat gambar lebih tidak jelas atau kurang jelas. Menggunakan blur bisa menjadi cara yang bagus untuk membuat teks menonjol saat dihamparkan ke gambar. Saat Anda meletakkan teks di atas gambar, kedua elemen tersebut dapat membentuk hubungan yang agak kompetitif (contoh di kiri bawah) , sedikit buram dapat membuat teks lebih menonjol dan tampak lebih mudah dibaca (di kanan bawah) .
teks-buram
47. Pangkas
Saat Anda memotong gambar, Anda memotong dan membuang bagian gambar yang tidak perlu. Pemotongan memungkinkan Anda mengubah penekanan atau arah gambar.
tanaman
48. Piksel
Piksel adalah area layar yang sangat kecil (kata itu berasal dari "elemen gambar"). Piksel adalah unit dasar terkecil dari warna yang dapat diprogram pada komputer dan gambar terdiri dari banyak piksel individu.
49. Skeumorfisme
Skeuomorphism adalah ketika elemen digital dirancang agar terlihat seperti replika karya fisik. Misalnya, pikirkan kalkulator iPhone atau kios koran Apple di mana rak buku dan majalah terlihat dan terasa seperti di kehidupan nyata.
Skeuomorfisme
50. Datar
Flat design adalah pendekatan minimalis yang berfokus pada kesederhanaan dan kegunaan (hampir kebalikan dari Skeuomorphism) . Ini cenderung menampilkan banyak ruang terbuka, tepi tajam, warna cerah dan ilustrasi dua dimensi.
datar
( melalui )
51. Raster
Gambar raster terdiri dari kumpulan piksel. Ini berarti ketika Anda mengubah ukuran peregangan gambar raster, itu bisa menjadi sedikit buram dan kehilangan kejelasan.
52. Vektor
Gambar vektor terdiri dari titik, garis, dan kurva. Semua bentuk dalam vektor dihitung menggunakan persamaan matematika yang berarti gambar dapat diskalakan dalam ukuran tanpa kehilangan kualitas apa pun. Tidak seperti raster, vektor tidak akan buram saat diskalakan. Anda dapat menemukan beberapa gambar vektor yang bagus untuk digunakan dalam desain Anda di situs seperti Vecteezy .
garis akhir
Ke Anda
Saya harap Anda menemukan penyelaman ini ke dalam istilah dan definisi desain bermanfaat. Sungguh menakjubkan betapa cepatnya pemasar dapat mengambil alat seperti Canva dan Pablo untuk membuat gambar yang tampak indah.
️
Comments
Post a Comment